AMPAR.ID, SAROLANGUN – Dalam rangka mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun terkait pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara online di Kelurahan dan Desa dalam Kabupaten Sarolangun.
Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menggelar sosialisasi dan pelatihan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati tentang pelayanan Adminduk berbasis online.
Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sarolangun, Gerry Trisatwika di hari pertama mengawali kerjanya yang dihadiri Pj Sekda Dedi Hendri, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta Operator Desa, di Aula Kantor Bupati, Selasa (25/2/2025).
Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun, Riduan,S.STO dalam laporannya mengatakan, dasar kegiatan ini UU Nomor 24 Tahun 2013, Tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2006, Tentang Adminduk, Peraturan Mendagri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Tata Kerja Desa, dan Peraturan Mendagri Nomor 95 Tahun 2015 tentang Sistem Informasi Kependudukan.
” Kegiatan ini dilaksanakan selama Empat hari, mulai dari Senin (24/2) sampai dengan Kamis (27/2) dengan tujuan para peserta bisa memahami dan bisa mengoperasikan sistem Adminduk yang dikenal dengan nama “Pak Kades”, ” ucap Riduan.
Selain itu, tambah Riduan jika kegiatan ini merupakan implementasi dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun guna memberikan pelayanan kepada masyarakat Sarolangun terkait pelayanan Adminduk yang dilakukan berbasis online.
” Program ini merupakan implementasi dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun,” kata Riduan.
Wakil Bupati Sarolangun, Gerry Trisatwika dalam sambutan dan arahannya mengatakan jika kegiatan ini merupakan semangat baru kita dalam memperbaiki pelayanan terutama di bidang pelayanan Adminduk untuk masyarakat Sarolangun.
” Kegiatan ini merupakan semangat dan langka baru kita dalam memperbaiki pelayanan untuk masyarakat Sarolangun,” ujar Wabup.
Dengan aplikasi sistem pelayanan Adminduk yang diberi nama ” Pak Kades ” ini kita berharap masyarakat bisa terbantu dalam mengurus administrasi kependudukan dengan tidak perlu jauh – jauh ke kantor Capil Sarolangun.
” Harapan kita dengan sistem Adminduk online di desa – desa dan Kelurahan ini masyarakat tidak perlu jauh – jauh mengurus berkas Adminduk,” harap Gerry Trisatwika.
Terakhir Wabup Sarolangun menekankan dan berpesan untuk seluruh Kepala Desa dan Lurah agar kiranya operator desa yang telah disiapkan benar – benar yang memahami dalan menjalankan aplikasi ini.
” Kita minta Kepala Desa benar – benar menyiapkan Operator nya yang memang melayani dan memiliki diaiplin,” tutup Gerry Trisatwika.
(Fdn)





















Diskusi tentang inipost