AMPAR.ID, Jambi – Untuk mengoptimalkan pelayanan publik sektor pelabuhan di Provinsi Jambi, Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto menyampaikan perlu ada revitalisasi pelabuhan angkutan barang maupun orang.
“Pelabuhan merupakan gerbang hubungan internal dan eksternal di Indonesia. Pelabuhan menjadi pintu masuk dalam hubungan sosial maupun ekonomi yang ada di daerah tersebut. Pelabuhan merupakan tempat strategis, tapi sayangnya masih banyak pelabuhan yang pelayanannya belum optimal,” katanya di Swissbel Hotel Jambi, Kamis (5/9/2024).
Hery mengatakan stakeholder pelabuhan perlu memberikan perhatian yang lebih agar pelabuhan direvitalisasi, jangan hanya fokus di arus lalu lintas darat, tapi pelabuhannya tidak dikembangkan.
Untuk mendorong revitalisasi pelayanan di pelabuhan, Ombudsman mencoba merangkul seluruh stakeholder agar bisa mengoptimalkan peluang yang ada di pelabuhan. Ombudsman memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik. Namun demikian, Ombudsman membutuhkan dukungan dari berbagai elemen untuk bisa mengoptimalkan pengawasan.
“Untuk itu kami mengapresiasi pertemuan yang diselenggarakan oleh komunitas Komplik ini. Namun jangan hanya sebatas diskusi. Harus ada aksi nyata yang dilakukan,” katanya.
(Meli)
Diskusi tentang inipost