• Ampar
  • Disclaimer
  • Kode Etik
  • Kode Perilaku Perusahaan Pers
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan
  • Redaksi
  • Tentang Kami
Aktual dan Terkini
Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
  • NEWS
    • DAERAH
    • NASIONAL
    • INTERNASIONAL
  • PARLEMEN
  • EKONOMI & BISNIS
    • OTO & TEKNO
  • HUKUM & KRIMINAL
    • KABAR TNI – POLRI
  • OPINI
  • TREND
    • SPORT
    • RELIGI
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
  • BENGKULU
    • KAUR
    • LEBONG
    • REJANG LEBONG
    • BENGKULU SELATAN
    • SELUMA
    • KEPAHIANG
    • MUKOMUKO
  • SUMSEL
    • MUSI BANYUASIN
  • Lainnya..
    • PENDIDIKAN
  • NEWS
    • DAERAH
    • NASIONAL
    • INTERNASIONAL
  • PARLEMEN
  • EKONOMI & BISNIS
    • OTO & TEKNO
  • HUKUM & KRIMINAL
    • KABAR TNI – POLRI
  • OPINI
  • TREND
    • SPORT
    • RELIGI
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
  • BENGKULU
    • KAUR
    • LEBONG
    • REJANG LEBONG
    • BENGKULU SELATAN
    • SELUMA
    • KEPAHIANG
    • MUKOMUKO
  • SUMSEL
    • MUSI BANYUASIN
  • Lainnya..
    • PENDIDIKAN
Berita Terbaru
  • NEWS
  • PARLEMEN
  • EKONOMI & BISNIS
  • HUKUM & KRIMINAL
  • OPINI
  • TREND
  • BENGKULU
  • SUMSEL
  • Lainnya..

Ombudsman: Seluruh Instansi Pemda Jambi Harus Capai Kualitas Tertinggi Pelayanan Publik

2023-01-12
Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi. Foto: Meli/ Ampar

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi. Foto: Meli/ Ampar

ShareTweetSendSendText

AMPAR.ID, JAMBI – Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi telah mengeluarkan hasil penilaian pelayanan publik tahun 2022 terhadap delapan Pemerintah Kabupaten, dua Pemerintah Kota, dan satu Pemerintah Provinsi Jambi.

“Sebanyak dua Pemda di Jambi berhasil meraih 10 besar secara nasional yaitu Pemerintah Provinsi Jambi yang meraih peringkat ketujuh dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan Kabupaten Tebo yang meraih peringkat kesepuluh dari 415 kabupaten yang ada di Indonesia,” kata Asisten Ombudsman RI Provinsi Jambi Shopian Hadi.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Batang Hari dan Kota Jambi juga ikut memperoleh Zona Hijau atau Kualitas Tertinggi pelayanan publik disusul kabupaten lainnya memperoleh Kualitas Tinggi dan hanya Kabupaten Merangin yang memperoleh Zona Kuning atau Kualitas Sedang.

“Capaian penilaian tersebut sekilas sudah merupakan gambaran pelayanan publik yang baik dan berkualitas dan prima. Padahal faktanya belum menggambarkan kualitas, perilaku dan sikap aparatur penyelenggara pelayanan publik terbaik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat”, katanya.

BACA JUGA: Penguatan LAHP Korektif Ombudsman

Beberapa kelemahan atau belum sempurnanya penilaian pelayanan publik kepada pemerintah yaitu, pertama, penilaian masih menerapkan sampel instansi atau organisasi perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik yang terbatas pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan dua Puskesmas. Hal ini tentu tidak adil dan menggambarkan kondisi riil pelayanan publik satu provinsi dan kabupaten/kota.

Kedua, dari komponen hasil penilaian yang dilakukan diketahui kompetensi penyelenggara, sarana dan prasarana, pengelolaan pengaduan, dan kepuasaan masyarakat diseluruh instansi penyelengara pelayanan publik belum merata dan sama. Hal ini sangat terlihat bila diukur dengan tingkat pendidikan penyelenggara pelayanan, sarana prasarana yang memadai dan ramah bagi kelompok disabilitas maupun penanganan pengaduan yang belum prima.

Bacajuga

Ombudsman Jambi Soroti Maraknya Pungutan Berkedok Sumbangan di Dunia Pendidikan

Ombudsman Jambi Apresiasi Kadisdik Provinsi Jambi Larang Pungutan di Sekolah

Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Teken MoU dengan Pemda Jambi

Diskusi Publik bersama Kanti Ombudsman Jambi Dorong Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pelayanan Publik

Sedangkan yang ketiga, penanganan dan administrasi pengelolaan pengaduan belum sebanding dan selaras dengan kepuasan maupun banyaknya jumlah masyarakat. Hal ini sangat berkorelasi dengan sedikit banyaknya pengaduan yang dikeluhkan ke media sosial atau ke lembaga pengaduan eksternal dibandingkan ke pengelola pengaduan internal itu sendiri.

(Meli)

Kata kunci: Ombudsman Provinsi Jambi
Berita sebelumnya

Bupati Bengkulu Selatan Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Suluk Tarekat Naqsabandiyah

Berita selanjutnya

Pemda Batang Hari Minta PLN Memindahkan Tiang Listrik di Areal Pedestarian

Berita Terkait

Asisten Ombudsman RI Provinsi Jambi, Hamidah Siadari. Foto: Meli/ Ampar

Ombudsman Jambi Soroti Maraknya Pungutan Berkedok Sumbangan di Dunia Pendidikan

2023-01-20
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Saiful Roswandi./ AMPAR

Ombudsman Jambi Apresiasi Kadisdik Provinsi Jambi Larang Pungutan di Sekolah

2022-12-18
Ombudsman RI Teken MoU dengan Pemda Jambi./ doc.ist

Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Teken MoU dengan Pemda Jambi

2022-12-12
Diskusi Publik bersama Kanti Ombudsman Jambi./  AMPAR

Diskusi Publik bersama Kanti Ombudsman Jambi Dorong Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pelayanan Publik

2022-11-27
Kegiatan Persiapan Pengajuan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK)./ AMPAR

Ombudsman Jambi Dorong Persiapan Pengajuan ZI-WBK Kantor Bahasa Provinsi Jambi

2022-11-24

Tomas Aidil: Ombudsman, yang Kasat Mata Itu Harus Ditindaklanjuti Sesuai Aturan, Kawal Terus!

2021-11-02
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra saat Menghadiri Pelatikan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jambi, Selasa (2/11/2021) Foto: Ampar.id

Rocky Candra: Pengalamannya Cukup Luas di Dunia Jurnalis dan Aktivis, Bisa Memberikan Warna Tersendiri

2021-11-02
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi Syaiful Roswandi

Bung Ros: Ingat! Ombudsman ini Dihadirkan dan Didirikan Untuk Adanya Keterlibatan Masyarakat

2021-11-02
Berita selanjutnya
Tiang Listrik PLN di Areal Pedestarian, Kamis (12/1/2023). Foto: Ari/ Ampar

Pemda Batang Hari Minta PLN Memindahkan Tiang Listrik di Areal Pedestarian

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial, dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, di ruang kerja kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Jambi. Kamis (12/1/2023). Foto: Meli/ Ampar

CEK FAKTA: Pekerja Laki-laki Lebih Dominan Kena PHK Tahun 2022 di Jambi

Sebanyak 90 karya dan ide kreatif tentang kampanye keselamatan berkendara yang diselenggarakan oleh Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM). Foto: Humas Honda Jambi

Film dan Proposal Keselamatan Berkendara ala Gen Z

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan, Pelatihan dan Produktivitas, Ardiansyah saat dijumpai Ampar.id di ruang kerjanya, Kamis (12/1/2023). Foto: Meli/ Ampar

Tercatat 4 Ribu Pengangguran Bertambah Setiap Tahunnya di Kota Jambi

Tampilan Warna Baru All New R15 Connected. Foto: Humas Yamaha Jambi

Yamaha Rilis Warna Baru All New R15 Connected

Diskusi tentang inipost

TERHANGAT

Viral Video Syur Mirip Gisel, Tagar Cowonya Ikut Trending di Twitter

2020-11-07

Seorang Warga Desa Pematang Pauh Tewas Tersengat Listrik PLN Saat Mengambil Bambu

Wajib Diketahui, Ternyata Tidur yang Benar Menurut Rasulullah adalah Tidur Miring ke Kanan

3 Cara Mengetahui Ahlak Seseorang dari Ummar Bin Khattab

50 Nama Lolos Tahap Awal Lelang 6 Jabatan Eselon II Pemprov Jambi, Lihat Daftarnya

HMI Desak Rektor dan Warek UIN STS Jambi Mundur Jabatannya, Buntut Kasus Pemukulan dan Penginjakan Bendera HMI

Inilah 3 Jenis Ujian dalam Kehidupan, Jika Telah Melewati Ujian yang Ketiga Selamat Anda Luar Biasa!

Lirik Lagu Bintang – Anima Band

Daftar Nama Peserta Lolos Assessment Center Lelang Jabatan 6 Kepala OPD Pemprov Jambi 

New Honda Vario 125 dengan Penyegaran Warna Baru telah Hadir di Jambi

IKLAN & PROMOSI

VIDEO

https://www.youtube.com/watch?v=tPKGo5HU55c

KALENDER

September 2025
SSRKJSM
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 
« Agu    
Sedang diputar

VIDEO: Detik-detik Jembatan Putus di Terjang Banjir

Jembatan Desa bayur, Merangin hanyut terbawa arus sungai/ (Foto: Nda/Ampar)

VIDEO: Detik-detik Jembatan Putus di Terjang Banjir

DAERAH

VIDEO: Warga Protes Truk Batubara Masuk Kota Jambi

NEWS

Al Haris Tinjau Vaksinasi Pelajar Adhiyaksa Jambi

NEWS

Terekam CCTV, OTK Curi Spanduk HIMSAR Gagalkan Musyarawah

NEWS

[Ampar TV] Di Jambi, Gerakan Sejuta Vaksinasi Dalam Sehari Dipusatkan di Tanjabbar

NEWS
Berita Media Online

Copyright @ 2024 Ampar.id - PT Media Ampar KJA . Supported by Ara.

INFORMASI

  • Ampar
  • Disclaimer
  • Kode Etik
  • Kode Perilaku Perusahaan Pers
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan
  • Redaksi
  • Tentang Kami

IKLAN & KERJA SAMA : 0852-1945-6475

Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
  • Ampar
  • Disclaimer
  • Kode Etik
  • Kode Perilaku Perusahaan Pers
  • Pedoman Media Siber
  • Perlindungan Wartawan
  • Redaksi
  • Tentang Kami

Copyright @ 2024 Ampar.id - PT Media Ampar KJA . Supported by Ara.